SANCAnews.id – Wakil Sekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengomentari pernyataan rasis yang dilontarkan Ketua Relawan Ganjar Pranowo kepada Anies Baswedan.

 

Baru-baru ini beredar video pernyataan Ketua Relawan Ganjar Pranowo (RGP) La Ode Umar Bonte yang berisi pernyataan rasis terhadap Anies Baswedan.

 

Dalam video yang beredar, La Ode Umar Bonte mengaku sebagai Ketua Umum DPP KNPI. Dia menyatakan bahwa presiden Indonesia haruslah kalangan putra-putra asli bangsa.

 

La Ode Umar Bonte menyebut Anies terlalu berlebihan jika menginginkan jabatan presiden. Menurutnya, Anies sudah cukup dengan jabatan Menteri Pendidikan dan Gubernur DKI Jakarta yang pernah diembannya.

 

“Kalau Anies sampai meminta menjadi presiden, ini terlalu berlebihan. Biarlah putra-putri bangsa Indonesia yang menjadi presiden Republik Indonesia,” ujarnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Jansen menilai perubahan kata ‘asli’ menjadi warga negara Indonesia sejak kelahiran merupakan hal yang tepat.

 

Di Amerika Serikat, norma yang berlaku juga hampir sama seperti Indonesia. Namun, mereka menambahkan klausul calon presiden AS harus warga negara yang lahir di tanah Amerika.

 

“Perbandingan saja, kalau di Amerika normanya juga hampir sama dgn Indonesia. Namun mereka menambah klausal: “calon presiden AS harus warga negara yang lahir di tanah Amerika”,” ujar Jansen, dikutip WE NewsWorthy dari akun Twitter pribadi pada Sabtu (13/5/2023).


 

Sementara itu jika di Indonesia, yang terpenting adalah kewarganegaraannya. Meskipun seseorang lahir di negara lain, selama kewarganegaraannya Indonesia, dia masih bisa menjadi presiden di masa mendatang.

 

“Kalau dikita penting dia Warga Negara Indonesia sejak lahir, mau lahir dimanapun tidak masalah. Misal bapak/Ibunya diplomat, anaknya lahir di Inggris. Ya tetap anak itu kedepan bisa jadi Presiden Indonesia,” ujar Jansen. (*)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.