Dok Foto/Net 


SANCAnews.id – Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memiliki dua daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg). Peta kekuatan partai politik di provinsi ini mengalami pergeseran.


Pada Pemilu Legislatif 2019, Gerindra meraih juara provinsi dengan persentase 20,67 persen. Namun pada Pemilu Legislatif 2024, provinsi yang beribu kota Padang ini memiliki perolehan suara terbanyak yang diperoleh Partai Nasdem.


Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL, dalam real count KPU pukul 02.25 WIB, Kamis (22/2), Partai Nasdem memperoleh 180.852 suara di daerah pemilihan Sumbar I. Kemudian di dapil Sumbar II, partai besutan Surya Paloh itu memperoleh suara 70/965.


Dengan demikian, partai pertama pengusung Calon Presiden Anies Baswedan memperoleh 251.817 suara di dua daerah pemilihan Sumbar.


Sedangkan di posisi kedua, ditempati Gerindra yang meraup total suara di dua dapil Sumbar sebesar 207.716. Kendati Caleg Petahana Gerindra, Andre Rosiade meraup posisi terbanyak dengan 60.122 suara, namun masih belum mampu mengejar perolehan suara total Partai Nasdem.


Lisda Hendrajoni dan M. Shadiq Pasadigoe menjadi bintang Nasdem di Dapil Sumbar I dengan masing-masing perolehan suara 56.842 dan 30.724. Sedangkan di Dapil Sumbar II terdapat nama Cindy Monica Salsabila Setiawan sebagai pemuncak klasemen Partai Nasdem dengan 47.385 suara.


Diduga kuat hegemoni Nasdem di provinsi ini berkat ekor jas keterpilihan Anies Baswedan.. Sejak 2019, provinsi ini selalu berseberangan dengan calon yang diusung pemerintah.


Sedangkan di peringkat ketiga dan keempat teratas provinsi ini diduduki oleh PAN dan Golkar, yang masing-masing memperoleh suara total di dua dapil yakni 201.397 dan 194.900. (*)


Label:

SancaNews

{picture#} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.